Apa itu Google Sandbox? Penyebabnya dan Cara Mengatasinya

Apa itu sandbox ? menurut blog ourninetytwo, sandbox itu adalah sebuah hukuman yang diterapkan google untuk website atau blog yang mencoba memanipulasi hasil serp pencarian.

Apa itu Google Sandbox? Penyebabnya dan Cara Mengatasinya
Apa itu Google Sandbox? Penyebabnya dan Cara Mengatasinya
Ada istilah sandbox itu penjara pasir untuk web/blog, karena blog yang sudah terkena sandbox akan hilang dari hasil pencarian google namun bukan deindex. Kalau deindex web atau blog anda tidak akan tampil dimanapun di pencarian google.

Jika anda mengetik di google dengan kata kunci site:urlanda, masih tampil domain anda itu artinya domain anda tidak di deindex. Banyak faktor yang menyebabkan blog amda terkena hukuman sandbox.

Penyebab Website atau Blog Terkena Google Sandbox

Penyebab website dan blog terkena sandbox saya akan memberikan beberapa penyebab yang dilakukan oleh webmasters di indonesia khususnya Jakarta. Berikut ini adalah penyebab web dan blog terkena sandbox google :

Keyword Stuffing
Pembuatan artikel seharusnya dibuat dengan unik dan relevan. Hindari memasukkan banyak keyword yang ditarget dalam artikel teraebut. Karena dengan cara seperti itu anda telah menerapkan salah satu teknik blackhat SEO yang tidak disukai google.

Terlalu Banyak PING
Ini yang menjadi masalah, jika anda terlalu banyak melakukan ping untuk menyuruh googlebot mencrawl halaman anda. Tanpa disadari dengan melakukan banyak PING akan meningkatkan resiko terkena sandbox.

Over Optimasi
Optimasi berlebihan juga tidak baik untuk web atau blog anda, karena google akan curiga blog anda mendaptkan backlink banyak dalam waktu singkat. Jika website anda sekelas wikipedia google akan maklum, karena wikipedia website besar yang mempunyai backlink banyak dalam waktu yang lama.

Cara Mengatasi dan Keluar dari Sandbox

Jika website anda sudah masuk penjara pasir sandbox akan sangat susah keluar, maka dari itu anda harus meminimalisirnya. Apabila sudah terlanjur terkena sandbox ada kiat-kiat untuk anda dari newbie (admin blog).


Berikut ini adalah cara mengatasi sandbox dan cara keluar dari penjara pasir Google :

1. Update Artikel

Lakukan update artikel agar artikel anda terlihat baru dan fresh. Berikan konten yang unik dan beda dengan website lainnya. Jangan sampai artikel terindikasi konten copy paste. Karena konten duplikat tidak akan rangking tinggi di hasil pencarian Google.

2. Request Reconsideration

Setelah melakukan update artikel tidak ada salahnya anda mengirimkan permohonan kepada pihak google untuk mereview atau meninjau ulang artikel yang terkena google sandbox. Anda dapat temukan di webmaster tools (https://www.google.com/webmasters/tools/reconsideration) yang sekarang telah berganti nama dengan Google Search console.

Terakhir anda harus berdoa agar website anda dapat berjalan normal. Dan jangan lupa ya sahabat pembaca, tetep sajikan artikel berkualitas dan unik agar blog dan website anda tetap dalam peraturan google. Dibawah ini adalah contoh dari halaman saya yang terkena google sandbox, padahal halaman tersebut sedang mengikuti kontes SEO :
Halaman ini beberapa hari saja tahan dihalaman satu Google.co.id, sebelum akhirnya hilang entah kemana saya tidak mengetahuinya.

Comments

  1. parah ni gan, website ane sepertinya masuk penjara nih, moga cepet keluar aja

    ReplyDelete

Post a Comment

KOMENTAR HARUS RELEVAN DENGAN ISI TULISAN SAYA DAN DILARANG MELETAKKAN LINK DI BADAN KOMENTAR